3 Jawaban Ngeles Kalau Ditanya ”Apakah saat ini kamu sedang melamar ke perusahaan lain?”

December 18, 2021 0 Comments

Pertanyaan seperti ini sering sekali dijumpai ketika interview. Biasanya tujuan dari pertanyaan ini adalah karena si recruiter ingin mengetahui karaktermu dalam menentukan pilihan. 

Terus, gimana ya cara terbaik menjawab pertanyaan itu?

1. KASUS PERTAMA

Kasus: Kamu melamar ke perusahaan dengan bidang dan posisi yang berbeda.

“Iya, Pak/Bu. Saya melamar ke perusahaan lain di bidang X. Memang berbeda dengan bidang yang saya lamar saat ini. Namun, saya adalah anak muda yang memiliki ketertarikan pada hal-hal baru yang sifatnya dinamis. Hal seperti ini membuat saya terpacu untuk bisa mengembangkan inovasi, invensi, dan skill lain yang saya miliki. Sehingga saya yakin jika saya diterima, saya bisa turut berkontribusi pada perusahaan ini. ”

Intinya, kamu perlu mengetahui kesamaan dari bidang atau posisi yang kamu lamar. Hal ini bertujuan agar recruiter melihat seberapa besar rasa antusiasme kamu terhadap posisi atau bidang yang dilamar

2. KASUS KEDUA

Kasus: Kamu sedang melamar perusahaan kompetitor

“Iya, saya memang sedang melamar ke perusahaan lain. Tapi itu hanya sekedar opsi saja. Tujuan utama saya adalah perusahan ini. Perusahaan ini merupakan perusahaan yang terbaik dan terbesar di bidangnya. Besar harapan saya untuk bisa diterima di sini”

Dalam kasus seperti ini, kamu perlu memperlihatkan bahwa perusahaan tersebut menjadi “the my number 1”. Tunjukkan juga harapan dan komitmen kamu untuk bisa bekerja di perusahaan tersebut. 

3. KASUS KETIGA

“Saat ini saya sedang melamar ke perusahaan A dan B. Namun, perusahaan ini menjadi harapan terbesar saya untuk bisa memaksimalkan diri dan potensi saya. Sejak kuliah saya sudah sering menjuarai beberapa perlombaan di bidang X. Sehingga saya harap perusahaan ini bisa menjadi tempat untuk mengembangkan kemampuan saya dan ikut turut serta dalam memajukan perusahaan ini.”

Kamu tidak perlu menyebutkan nama atau pun jumlah perusahaannya. Kamu hanya perlu memberikan jawaban yang berisikan seberapa besar harapan kamu pada perusahaan ini. Tunjukkan juga kelebihan-kelebihan yang relevan dengan posisi yang dilamar.

Sekarang kamu sudah tahu dan nggak bingung lagi kan?

Jangan lupa di “save” ya!

Next time, kita mau bahas apa lagi nih?

Tentang interview, LinkedIn, atau apa nih hunters?

Yuk tulis di komentar ⬇

Leave a Comment

Your email address will not be published.