4 Tips Unik Bikin Kuliah dan Magang Makin Asik

October 1, 2022 0 Comments

Memasuki dunia perkulihan bisa dibilang adalah anugrah yang tak bisa dipandang sebelah mata. Tak hanya diajarkan ilmu akademis, melainkan ilmu non-akademis juga bisa dipelajari di dalam kampus. Dimana ini dinilai menjadi kesempatan emas untuk belajar berbagai aktivitas penunjang masa depan, supaya mahasiswa memiliki pemikiran yang luas. 
Salah satu kegiatan yang tak kalah penting yakni magang. Melalui program magang, mahasiswa akan terjun langsung dilapangan, mengidentifikasi permasalahan sebenarnya, menerapkan teori dalam kelas, bahkan tak jarang yang ambil program magang diluar jurusan mereka. Namun, masalahnya bukan itu. Banyak diantara mahasiswa masih tetap ragu-ragu bilamana menjalakan perkulihan sambil magang,dengan berbagai alasan yang dilontarkan.  
Nah, buat kamu yang ingin ikutan magang, tapi masih bimbang. berikut beberapa tips supaya kuliah dan magangmu jadi seimbang.

  1. Sesuaikan jadwal kuliah dan magang

Saat ini banyak sekali perusahaan maupun startup yang tengah menjalankan sistem kerja WFH, Hybrid bahkan kabar terbaru menyebut sudah ada yang menerapkan WFA juga lho. Dengan begitu, hal ini justru mempermudah kamu buat mengasah mental di dunia kerja atau ikut magang. 

Maka dari itu, kamu bisa menyesuaikan jadwal kuliah dan jam kerja kamu agar keduanya tidak saling bentrok. Misalnya, jika pagi hari kamu ada kelas, siang hari malam bisa digunakan untuk menjalankan tugas magang.

  1. Perbaiki manajemen waktu

Memang tak dapat dipungkiri bila sewaktu waktu kita teledor dalam mengerjakan dua tugas yang berbeda lantaran padatnya jadwal di hari itu. Sehingga dalam hal semacam ini diperlukan time manajemen waktu yang baik dan terstruktur yang bisa menyiasati kegiatan super padat kita.

Selain menjadikan ativitas kuliah dan kerja jadi lebih terarah, di satu sisi beban tugas yang kamu emban akan terasa lebih mudah untuk diselesaikan. Sebab, kamu mengerjakanya di jam yang sudah ditetapkan.

  1. Bikin skala prioritas

ketika dihadapkan pada situasi bersifat menanggung dua tanggung jawab sekaligus, bukan tidak mungkin hal seperti itu bisa menyita waktu yang kamu miliki sebelumnya. Sekalipun kamu dinilai sebagai pribadi yang produktif baik oleh diri sendiri maupun orang lain.

Tapi tetap wajib atur waktu luang sebaik mungkin ya!. Bila memang tugas perkuliahan sudah mendekati deadline kamu bisa mengatakanya pada pihak magang, supaya memperoleh keringanan atas beban tugas yang kamu tempuh. Jangan lupa untuk liburan, hangout, atau sekadar jalan-jalan untuk mereduksi penat.

  1. Berani magang

Terakhir, mungkin sedikit terkesan seperti sesuatu yang klise bagi sebagian mahasiswa. Yang kerap kali terhanyut arus bingung dan dibuat berpikir dua kali sampai hampir mendekati penutupan pendaftaran magang.

Persoalan seperti ini cukup sulit untuk disangkal. Sebenarnya saat magang dan belajar di kampus justru malah mendapat dua pengetahuan sekaligus. Oleh karenanya, tak perlu lagi risau untuk ikut magang Tetaplah percaya bahwa semua tidak seburuk yang dipikirkan.

Leave a Comment

Your email address will not be published.