Apa itu Revolusi Industri 4.0

January 16, 2021 0 Comments

Hi, Hunters!

Siapa nih yang sudah tidak asing dengan istilah “era revolusi industri 4.0”?

Revolusi Industri 4.0 disebut juga dengan istilah “Cyber Physical System”

Yang dimana konsep penerapannya berpusat pada otomatisasi. Dibantu juga oleh teknologi informasi dalam prosesnya. Dengan ini, keterlibatan tenaga manusia dalam prosesnya juga dapat berkurang. Oleh karena itu, efektivitas dan efisiensi pada suatu lingkungan kerja dapat bertambah dengan sendirinya. Hal ini berdampak signifikan pada kualitas kerjanya maupun biaya produksi itu sendiri.

Nah, di dalam Revolusi Industri 4.0 itu sendiri. Ada lima pilar dalam pengembangan sebuah industri siap digital? Apa saja sih itu, udah pada penasaran kan Hunters ^^

  1. Big Data

Big Data dapat di istilahkan sebagai volume besar data, baik dari itu terstruktur maupun tidak terstruktur. Namun, bukan jumlah datanya yang penting. Tapi apa yang dilakukan organisasi terhadap data tersebut.

Big Data dapat dianalisis dalam pengambilan keputusan maupun strategi bisnis yang lebih baik.

Big Data juga melibatkan proses pembuatan data, penyimpanan, penggalian informasi, dan analisis yang menonjol dalam hal volume, velocity, dan variety.

Volume, sekitar tahun 2000, PC biasanya hanya memiliki kapasitas penyimpanan sekitar 10 Gigabytes. Tapi, saat ini Facebook bisa menyedot sekitar 500 terabytes data baru setiap harinya. Ini bukanlah data yang sedikit, dan juga semakin menjamurnya penggunaan smartphone, akan terus mengirim ratusan data bahkan jutaan data-data baru, yang mencakup lingkungan, lokasi, maupun video.

Velocity, Ad impressions dapat mencatat perilaku pengguna internet dalam jutaan per detiknya, algoritma jual beli saham ini dalam frekuensi tinggi dan dapat mencerminkan perubahan pada pasar hanya dalam hitungan detik. Proses-prose ini juga bisa melibatkan hubungan suatu mesin dengan mesin lainnya. Yang dimana proses ini telah melibatkan pertukaran data antar jutaan perangkat, peralatan sensor dan juga perangkat-perangkat pada infrastruktrur lainnya yang dapat menghasilkan log data secara real-time.

Variety, Big Data tidak hanya mengambil data yang berupa angka saja, tapi bisa juga berupa data tanggal, dan rangkaian teks. Pada Big Data meliput data ruang ataupun geospatial, data 3D, maupun audio dan video, dan data-data tidak berstruktrur lainnya seperti file-file log dan media sosial.

  1. Artificial Intelligence (AI)

Apa itu AI ? Secara singkat, mengacu kepada simulasi kecerdasan manusia dalam mesin yang diprogram untuk dapat berpikir layaknya manusia dan meniru setiap tindakannya.

Nah dalam AI juga, memiliki 2 kategori, yaitu lemah atau kuat.

AI memiliki dua klasifikasi yaitu lemah atau kuat. Sistem AI yang direncanakan dan dilatih untuk tujuan tertentu adalah AI Lemah (Weak AI), yang juga dikenal sebagai AI sempit. Jenis AI yang lemah adalah asisten pribadi virtual, seperti Apple Siri.

Sedangkan strong AI (strong AI) merupakan perangkat AI kemampuan penalaran manusia pada umumnya yang disebut juga dengan istilah kecerdasan buatan umum. Sistem AI yang kuat dapat menemukan solusi tanpa campur tangan manusia saat dihadapkan pada tugas tertentu.

Oke Hunters ^^ Lalu apa saja sih yang dapat di implementasikan kedalam AI ?

Otomasi: Perangkat atau prosedur yang beroperasi secara otomatis. Misalnya, dimungkinkan untuk memprogram otomatisasi proses robotik (RPA) untuk melakukan tugas berulang bervolume tinggi yang biasanya dilakukan manusia. RPA berbeda dengan otomatisasi TI karena ia mampu merespons lingkungan yang berubah.

Robotika: Bidang teknik yang berfokus pada desain dan manufaktur robot. Robot sering digunakan untuk melakukan aktivitas yang sulit dilakukan atau dijalankan dengan andal bagi manusia. Mereka digunakan di jalur perakitan manufaktur mobil atau oleh NASA untuk memindahkan struktur masif di luar angkasa. Untuk menciptakan robot yang dapat berkomunikasi dalam lingkungan sosial, para peneliti kini menggunakan pembelajaran mesin.

Mobil yang dikendarai otomatis: Ini menggunakan campuran visi mesin, deteksi gambar, dan pembelajaran mendalam untuk meningkatkan kemampuan otonom untuk menggerakkan kendaraan sambil tetap berada di jalur tertentu dan untuk menghilangkan bahaya yang tidak dapat diprediksi, seperti pejalan kaki.

  1. Internet of Things (IoT)

Internet of Things adalah filosofi atau perangkat lunak di mana suatu entitas memiliki kemampuan, melalui penggunaan komputer dan perangkat manusia, untuk mengirimkan atau mengirimkan data melalui jaringan. Sudah ada beberapa kemajuan dalam Internet of Things, atau terkadang disebut sebagai IoT.

Cara kerja IoT, Memanfaatkan keuntungan dari argumen dari algoritma bahasa pemrograman yang dikompilasi adalah cara Internet of things beroperasi. Dimana setiap pernyataan yang dihasilkan menciptakan asosiasi yang menyebabkan fungsi atau pekerjaan dilakukan oleh perangkat keras atau mesin.

Jadi, komputer tersebut tidak lagi membutuhkan campur tangan manusia dan dapat dioperasikan secara otomatis. Dalam jaringan Internet yang menghubungkan mesin dan perangkat keras, elemen terpenting dalam pengoperasian perangkat lunak terletak. Peran utama manusia adalah menjadi bos yang mengontrol setiap gerakan dan tindakan mesin saat beroperasi.

Penerapan IoT

  • Bidang Kesehatan

Di bidang kesehatan, contoh pertama dari Internet of Things Ada banyak perkembangan baru saat ini yang dapat membantu efisiensi dokter dan tenaga medis. Dalam produksi mesin dan instrumen medis, IoT juga memungkinkan terobosan baru untuk mendukung efisiensi tenaga medis agar lebih efisien, andal dan mengurangi risiko kesalahan.

  • Bidang Energi

Ada banyak masalah yang muncul di pasar energi. Dimulai dengan kontaminasi atau emisi, limbah, dan ketersediaan sumber daya yang terbatas. Oleh karena itu, salah satu ancaman tersebut dapat diminimalkan dengan kehadiran IoT itu sendiri. Misalnya dengan mengaplikasikan sensor cahaya, penggunaan energi listrik dapat diminimalisir.

  • Bidang Transportasi

Teknologi pintar juga telah memasuki dunia transportasi umum. Biasanya, sesuai aturan dan kemampuan mengemudi yang sudah Anda kuasai, Anda tetap mengendarai mobil sendiri. Namun, tahukah Anda bahwa ada inovasi baru-baru ini, di mana Anda dapat mengendarai mobil tanpa mengemudi sendiri?

Nahhh ^^ gimana Hunters! Sekarang jadi makin tau kan.. hehehe

Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya yaaaa ^^

Leave a Comment

Your email address will not be published.