Beda! Personal Branding itu Bukan Pencitraan

September 25, 2021 0 Comments

Mulai dari sekarang kamu harus berhenti menganggap bahwa personal branding dan pencitraan itu merupakan dua hal yang sama!

Personal branding dan pencitraan memang didefinisikan sebagai proses membentuk persepsi orang lain atau membangun opini publik terhadap sesuatu. Bedanya, personal branding berfokus untuk menonjolkan kemampuan yang konkret atau kompetensi sedangkan pencitraan dapat dikatakan sebagai upaya menarik simpati atau meraih kepercayaan sesaat.

Emang apa sih pentingnya personal branding bagi kita-kita?

Yuk kita bahas!

  • Meningkatkan nilai/citra diri

Sebagai seorang mahasiswa sangat perlu untuk melakukan personal branding. Adanya personal branding akan meningkatkan citra diri kamu. Misalnya, kamu membranding diri sebagai  mahasiswa yang gemar mengikuti lomba, aktif dalam organisasi dan rajin mengerjakan tugas kuliah. Dosen dan teman-teman kamu akan menganggapmu sebagai seseorang yang memiliki nilai/citra diri positif.

  • Menampilkan ciri khas/keunikan diri

Personal branding bertujuan untuk menonjolkan keunikan yang dimiliki. Dengan begitu seseorang akan mengingat keunikan yang kamu punya.Sesuai yang dijelaskan di poin 1, kamu seorang mahasiswa yang memiliki nilai/citra diri positif. Selain itu, ternyata kamu juga seorang entrepreneur dan bookstagrammer. Ditambah lagi kamu adalah pribadi yang suka menolong orang lain. Tidak diragukan lagi, bahwa orang lain akan menganggap kamu memiliki daya tarik yang luar biasa.

  • Mampu memperluas Koneksi

Personal branding mampu membuat koneksimu semakin luas. Kok bisa?Tentu bisa! Misalnya, ketika kamu membranding diri sebagai bookstagrammer. Pasti kamu akan mendapat banyak relasi sesuai dengan bidang yang kamu minati. Sangat memungkinkan jika kamu diajak bertukar pikiran dengan bookstagrammer lain. Namun tidak terbatas pada bidang spesialismu saja. Bisa jadi relasimu datang dari bidang yang lain seperti fotografi. Semakin kuat personal branding kamu akan semakin luas koneksi kamu.

  1. Membangun kredibilitas

Personal branding penting untuk membangun kredibilitas. Ingat! Kamu harus konsisten untuk mengasah kemampuanmu. Dengan personal branding orang lain akan percaya pada kompetensimu. Orang lain akan memberikan label bahwa kamu orang yang patut disegani dan memiliki kemampuan yang mumpuni.

  • Pengembangan karir

Personal branding sudah tentu sangat berguna bagi pengembangan karir. Seperti pada poin-poin yang sudah diulas sebelumnya. Adanya personal branding akan meningkatkan kualitas diri kamu dan memperluas koneksi sehingga membuat peluang kamu dalam dunia karir lebih besar.

Menurut Hunters seberapa besar impact yang kamu dapat setelah melakukan personal branding?

Ceritakan pengalaman kamu dong!

Tulis di kolom komentar ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.