Cara Unjuk Diri Dalam “Leaderless Group Discussion”

August 21, 2022 0 Comments

Dalam proses rekrutmen ada kalanya perusahaan ingit melihat skill dari para calon karyawannya, Tes LGD ini sudah sering digunakan oleh perusahaan dalam salah satu proses rekrutmennya. LGD (Leaderless Group Discussion) merupakan diskusi kelompok yang dilakukan tanpa adanya fasilitator atau pemandu, hal ini bertujuan untuk menilai kemampuan peserta diskusi dalam menyelesaikan tugas secara kelompok.

Tapi, gimana ya caranya agar kita dapat unjuk diri secara optimal dalam kegiatan Leaderless Group Discussion?

Baca Juga: Jawaban Wawancara Anti Panik Untuk si Fresh Graduate – Magang Update

1. Hunters Harus Banyak Membaca dan Memahami Isu yang Relevan dengan Posisi yang Kamu Lamar

Saat memulai sesi LGD alangkah lebih baiknya Hunters dapat memahami isu yang akan diperbincangkan. Hunters bisa menjadi inisiator dengan membuka pembicaraan, kamu bisa menawarkan diri atau yang lain untuk menjadi moderator dan notulen dalam sesi LGD. LGD ini merupakan diskusi bebas, juri akan melihat sejauh mana peserta berkontribusi dalam kegiatan diskusi. Dengan pemahaman atas isu yang lebih luas, maka dijamin Hunters bisa untuk menyampaikan pendapat berdasarkan data dan fakta yang sudah didapatkan oleh Hunters!

Baca Juga: 5 Bocoran Pertanyaan yang Bisa Ditanyakan Saat Interview – Magang Update

2. Mencatat!

Hunters jangan lupa untuk menuliskan juga inti dari diskusi, sehingga kamu nggak kebingungan untuk menyampaikan pendapatmu secara berkelanjutan. Dari poin- poin yang dicatat pun bisa membuat Hunters menemukan solusi atau kesimpulan dari sesi LGD ini.

3. Sampaikan Pendapat dengan Baik

Juri akan menilai pendapat kamu dalam sesi tersebut. Maka dari itu, kamu harus berusaha menyampaikan pandanganmu dengan baik.

Gimana caranya menyampaikan pendapat dengan baik?

Jangan khawatir, kalau kamu mendapat giliran untuk menyampaikan pendapat terlebih dahulu. Kamu dapat menyajikan ide terbaru dan leluasa dalam berpendapat karena belum ada pendapat lain sebelumnya. Apabila kamu mendapat giliran pada pertengahan, kamu bisa menyanggah dan memodifikasi informasi yang sudah disampaikan menjadi lebih baik dan sempurna. Eits, jangan lupa juga tambahkan solusinya ya Hunters! 

Baca Juga: Rahasia Jawaban Wawancara yang Disukai HRD dari si Fresh Graduate – Magang Update

4. Jadilah Pendengar yang Baik!

Saat sesi LGD, mungkin akan ada beberapa orang yang memiliki pandangan yang berbeda. Namun kamu tidak perlu khawatir, kamu bisa membentuk strategi untuk melakukan paraphrase terhadap ide menarik dari pendapat sebelumnya. Hunters, jangan sampai memotong pembicaraan atau menyudutkan pandangan dari peserta lain yaa. Jadilah pendengar yang baik!

Baca Juga: 5 Situs Online Course yang Bisa Tingkatkan Skill Kamu – Magang Update 

Dalam LGD kemampuan yang akan dinilai adalah bagaimana Hunters menganalisis maslaah, pengelolaan emosi, penyesuaian diri, ketrampilan dalam berkomunikasi, kerjasama, dan kepemimpinan. Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu praktekan untuk menghadapai sesi LGD. Gimana? Masih penasaran dengan tips dan info menarik lainnya? Tunggu informasi dan tips menarik lainnya. Dan semoga kamu bisa lolos interview dengan persiapan yang matang, semangat!

Leave a Comment

Your email address will not be published.