Fix! Gara-Gara Ini Perusahaan Nolak Kamu! Part 3 (Interview Edition)

March 21, 2022 0 Comments

CV udah tembus, FGD lancar banget, eh gagal di tahap interview!

Sedih banget nggak, sih? Sudah di tahap terakhir, tapi gagal. Hmm, kira-kira kenapa ya perusahaan nggak lolosin Hunters di tahap ini?

Baca juga: Interview HRD vs User Sudah Sampai Mana Tahap Wawancaramu? – MagangUpdate 

  1. Jangan terlalu cuek ya jawabnya!

“Saya pernah jadi intern di perusahaan X, Bu” atau “Saya orangnya kreatif dan teliti, Pak” duhh auto gagal kalau cuma jawab begitu! Nih, MagangUpdate kasih contoh cara jawabnya:

🧑 Dilihat dari CV, Mas/Mbak pernah intern di perusahaan X, ya?

👩 Betul, Pak/Bu. Saat intern di perusahaan X, saya dipercaya untuk berada di posisi graphic design selama kurang lebih 3 bulan. Saat itu saya ditugaskan untuk … (jelaskan tugas yang diberikan). Dalam waktu satu minggu, saya … (jelaskan bagaimana kamu mengerjakan tugas tsb dengan singkat namun jelas). Setelah 3 bulan menjadi intern, saya … (jelaskan hasil atau impact yang Hunters hasilkan).

  1. Tau berapa banyak soal perusahaan?

Ini, nih. Hunters sebagai calon karyawan wajib banget kepoin sampai detail tentang perusahaan. Kalau pengetahuan tentang perusahaan masih sedikit, HRD males banget lolosinnya!

  1. Jangan sampai meninggalkan kesan “sombong”

Sudah pasti setiap pelamar akan membanggakan diri sendiri saat tahap interview, tapi jangan sampai terlihat sombong ya! Hunters bisa menyebutkan berbagai pengalaman dan prestasi yang dimiliki dengan tutur kata yang sopan dan tidak terkesan sombong.

Baca juga: Kenali Rahasia Teknik Interview “BEI” & Strategi Menjawabnya! – MagangUpdate 

  1. Tetap jaga body language, ya!

Salah satu hal terpenting saat interview, body language. Body language bisa membentuk pandangan HRD terhadap kita, lho! Jadi, usahakan tetap menjaga postur badan dengan baik dan membuat eye contact setiap menjawab pertanyaaan.

  1. Bicaranya nggak perlu buru-buru sampai belibet!

Beberapa pelamar, karena gugup dan hal lain cenderung menjawab setiap pertanyaan dengan terburu-buru, bahkan sampai tatanan kalimat yang dikeluarkan kacau. Hati-hati ya, Hunters! Tetap tenang dan ucapkan setiap hal dengan tertata agar HRD juga nggak bingung dengernya.

Baca juga: Nggak Tau Harus Jawab Apa Saat Interview? Tenang, Ini Solusinya! – MagangUpdate 

Untuk menjalani tahap interview dengan maksimal memang perlu banyak latihan. Hunters bisa berlatih dengan teman atau keluarga dan meminta feedback dari mereka sebelum menjalani interview yang sebenarnya. Semangat!

Leave a Comment

Your email address will not be published.