Ingin Lamaranmu Dilirik HRD? Simak Cara Buat Cover Letter Khusus Fresh Graduate

May 21, 2022 0 Comments

Cover letter disebut juga surat pengantar adalah salah satu berkas pendukung yang dikirim bersamaan dengan CV atau resume saat melamar kerja.

Hunters tau gak sih kalau cover letter bukan hanya sekadar berkas pendukung biasa, tetapi memiliki peran yang sangat penting?

Lebih baik jika informasi di cover letter tidak mengulang informasi yang ada di CV atau resume.

Informasi yang dituliskan juga harus informasi baru dan unik agar HRD makin merasa tertarik.

Apa Fungsi Cover Letter?

Cover letter berfungsi untuk mengenalkan dirimu kepada perekrut, sebagai sarana untuk memperlihatkan minatmu terhadap pekerjaan tersebut, dan menarik perhatian perekrut untuk membaca CV kamu. Selain itu, di dalam cover letter juga berisi sedikit gambaran kualifikasi dan alasan kamu melamar posisi tersebut.

Apa Saja yang Harus Ada dalam Cover Letter?

Cover letter memiliki unsur penting untuk membantumu agar lamaran kerja segera dilirik perekrut. Idealnya, cover letter ini tidak lebih dari satu halaman karena fungsinya hanya sebagai pengantar sebelum perekrut membaca CV-mu.

Yuk, simak bagian-bagian penting yang harus ada dalam cover letter.

  1. Sapaan pembuka

Peluang terbacanya surat kamu bergantung pada sapaan pembuka karena di dalamnya sudah jelas tertulis penerima surat. Namun, jika kamu belum mengetahui nama HR, kamu bisa menanyakan langsung kepada perusahaan tersebut atau menujukannya kepada divisi HR.

  1. Paragraf pembuka

Pada paragraf ini kamu bisa memperkenalkan diri dan tunjukkan bahwa kamu memiliki minat yang tinggi terhadap perusahaan dan posisi yang dibuka. Kamu juga dapat menyebutkan alasan melamar dan hal yang membuatmu tertarik dengan posisi tersebut.

  1. Latar belakang dan pengalaman relevan

Pada bagian ini kamu dapat menyebutkan dan menjelaskan pengalaman relevan sesuai dengan posisi yang dilamar. Selain itu, kamu dapat menjelaskan pencapaian dari pengalaman yang kamu sebutkan tadi. Hal tersebut dapat menjadi tawaran menarik yang dapat kamu berikan untuk perusahaan, lo.

  1. Kualifikasi dan keterampilan yang relevan

Pada bagian ini, kamu bisa menjelaskan keterampilan dan keahlian yang relevan dengan posisi yang dilamar. Kamu juga bisa menjelaskan kekuatan dan kelebihan dirimu yang dapat menguntungkan perusahaan jika kamu diterima pada posisi tersebut. 

Selain itu, kamu juga bisa menyebutkan prestasi dan penghargaan yang pernah kamu capai. Sertifikasi keahlian dan pelatihan juga bisa kamu sebutkan, lo!

  1. Penutup

Paragraf ini merupakan bagian akhir dari cover letter. Kamu bisa menyimpulkan seluruh informasi penting mengenai kemampuanmu dan tunjukkan kalau kamu adalah orang yang tepat untuk posisi tersebut.

Kamu juga bisa menyebutkan dokumen pendukung yang diminta oleh perekrut, misalnya CV dan portofolio. Tunjukkan kembali harapanmu untuk bisa lolos ke tahap selanjutnya dari proses rekrutmen. Jangan lupa untuk berterima kasih kepada perekrut atas waktu mereka.

Yuk, kita praktikkan mengirim cover letter melalui e-mail!

Penerima  : e-mail_rekrutmen@e-mail.com
Subjek     :  Posisi_Nama Lengkap
Yth. Bapak/Ibu Manajer HRD [nama perusahaan]

Saya menulis surat ini untuk menyampaikan ketertarikan saya dan bermaksud untuk melamar sebagai […] di perusahaan […]. Setelah lulus dari jurusan […] di […], saya percaya bahwa saya adalah kandidat yang cocok untuk perusahaan […].
Sebagai seorang lulusan baru, saya merasa posisi tersebut sesuai dengan latar belakang pendidikan, minat, dan pengalaman saya. Selama menempuh pendidikan tinggi, saya terlibat dalam […] dan berhasil […]
Seperti yang ditulis dalam CV, saya memiliki keterampilan dalam […] yang sangat berguna untuk posisi ini. Saya juga mengikuti kegiatan […] yang membantu saya untuk mengembangkan minat dan meningkatkan keterampilan dalam […].
Dengan pengalaman dan keterampilan yang saya miliki, saya yakin bahwa posisi […] di perusahaan […] cocok bagi saya. Saya juga yakin bahwa saya dapat berkontribusi […] dengan cara […]
Saya juga berharap posisi ini dan perusahaan Bapak/Ibu dapat memberikan saya ruang untuk berkarya.
Sebagai rincian tambahan terkait pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan kualifikasi perusahaan, saya melampirkan CV dan […] sebagai bahan pertimbangan.
Apabila Bapak/Ibu memiliki pertanyaan, saya terbuka untuk berdiskusi lebih lanjut. Mohon hubungi saya melalui […] atau dapat membalas e-mail ini.
Terima kasih atas waktu yang diberikan untuk mempertimbangkan cover letter ini. Saya berharap dapat berdiskusi dengan Bapak/Ibu lebih banyak lagi mengenai kesempatan ini.
Hormat saya,[…]

Nah, mudah bukan membuat cover letter?

Hindari kesalahan ketik dan selalu gunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar, ya. Gunakan juga kamus dan periksa EYD agar suratmu bisa segera dilirik HRD!

Jangan lupa untuk mencantumkan portofolio agar HRD semakin yakin bahwa Hunters memberikan informasi berupa fakta dan bukan rekaan, ya.

Yuk, simak info menarik lainnya seputar tips and trick untuk fresh graduate dan job seeker mengenai persiapan kerja lainnya hanya di MagangUpdate!

Leave a Comment

Your email address will not be published.