Intip Dibalik Proses Rekrutmen Pekerja

Intip Dibalik Proses Rekrutmen Pekerja

November 25, 2022 0 Comments

Intip Dibalik Proses Rekrutmen Pekerja

Bayangkan ada +100 CV dan resume yang masuk ke email rekruiter saat pembukaan lowongan kerja atau magang. Dari +100 CV, bagaimana Hunters bisa menjadi salah satu kandidat yang lolos pada tahap screening dan bagaimana Hunters bisa menjadi salah satu kandidat yang menarik perhatian rekruiter?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, ada fakta menarik yang bisa Hunter pelajari dibalik proses rekrutmen pekerja. 

Pertama, pekerjaan perekrut sangatlah sibuk dan padat. Ketika lowongan pekerjaan dan magang dibuka, perekrut akan kebanjiran pengiriman CV dan resume. Saat kebanjiran CV dan resume, perekrut hanya membutuhkan waktu singkat untuk men-scanning CV dan resume kandidat.

Ada beberapa pandangan yang menyebutkan perekrut hanya membutuhkan waktu tujuh detik hingga sepuluh detik. Pandangan lain menyebutkan lebih dari 10 – 15 menit. Berapapun waktu yang dibutuhkan rekruiter untuk melihat CV dan resume kandidat, Hunters harus bisa mencari cara agar rekruiter tertarik saat pertama kali membaca CV atau resume Hunters.


Strategi : buat hook atau awalan CV yang menarik, padat dan jelas. Hook atau awalan biasanya berupa personal background yang tertera pada bagian utama CV atau resume.

Kedua, CV dan resume yang berhasil menarik perhatian rekruiter adalah CV dan resume yang memiliki tampilan dan tata letak sederhana. Rekruiter cenderung menaruh  perhatian pada CV atau resume dengan pola E – F.

Source : https://www.linkedin.com/pulse/psychology-reading-cv-f-z-patterns-lee

Selain itu, CV dan resume yang tidak berhasil memberikan tampilan menarik adalah CV dan resume yang berantakan, memiliki kalimat panjang, dan tata letak tidak sesuai. 

Strategi

  1. Gunakan CV ATS untuk memenuhi standar dari rekruiter. 
  2. Gunakan poin-poin untuk menjelaskan deskripsi pekerjaan atau pengalaman
  3. Perhatikan tata letak 
  4. Hindari kalimat typo 
  5. Berikan penjelasan hasil atau result dari pekerjaan yang telah dilakukan

Ketiga, melamar pekerjaan atau magang diibaratkan seperti solving others problem atau menyelesaikan masalah orang lain. Sederhananya, perusahaan sedang membutuhkan kandidat yang dapat menyelesaikan masalah perusahaan dan membantu perusahaan untuk tetap berkembang. Memahami apa yang dibutuhkan  perusahaan dapat dilihat dari rincian job description lowongan pekerjaan atau magang.

Misalnya, pada job description perusahaan xxx membuka lowongan pekerjaan atau magang sebagai Web Analytics. 

Strategi : Hunters dapat memetakan job description dengan menghubungkan pengalaman Hunters.

  1. Kandidat diharapkan dapat melakukan pekerjaan yang tertera dalam job description tersebut
  2. Kandidat diharapkan dapat membantu mengembangkan perusahaan dan membantu menyelesaikan masalah perusahaan dengan kemampuan dan pengalaman yang dimiliki
  3. Kandidat diharapkan memiliki latar belakang sebagai Web Analytics (pendidikan, sertifikasi, pengalaman kerja)
  4. Kandidat diharapkan memiliki kemampuan (skill) untuk melakukan berbagai job description tersebut
  5. Tampilkan hasil atau bukti dari apa yang Hunters cantumkan dalam CV atau resume 

Contoh : 

  1. Requirement (job description) : Kandidat harus memahami penggunaan analisis visitors website 
  2. Mirror statement : saya paham cara menganalisis visitors pada website dengan menggunakan Google Analytics 
  3. Proving statement : saya telah menggunakan Google Analytics selama 6 bulan dan mendapatkan sertifikasi penggunaan Basic Google Analytics.

What matters : getting total clarity on what you have done and what you can do to solve their problem

Keempat, rekruiter tidak asal memilih kandidat. Ada standar dan pertimbangan tertentu yang perlu dicermati, misalnya kepribadian, karakter, skill dan tipe kandidat seperti apa yang cocok untuk masuk pada posisi tertentu.

Hal ini disebut dengan Company Fit. Company fit adalah standar prediktif perusahaan dalam mengukur dan menilai apakah kandidat cocok dengan budaya, visi & misi, perspektif, dan nilai perusahaan

Strategi : lakukan riset perusahaan sebelum apply magang atau kerja dan pertimbangkan kecocokan personal Hunters dengan budaya perusahaan, pahami job description, nilai perusahaan dan visi & misi perusahaan. 

Sudah rinci dan lengkap penjelasan mengenai proses rekrutmen pekerja, sekaligus mengulik lebih dalam tentang strategi mencocokan personality kandidat dengan visi & misi perusahaan. Nah, strategi-strategi rekrutmen tersebut bisa langsung Hunter praktekan saat melamar pekerjaan atau magang dan bisa Hunters jadikan sebagai modal untuk menjadi salah satu kandidat yang menarik rekruiter. Semangat!

Referensi :

https://www.careercloud.com/news/2015/11/18/why-you-need-to-know-the-psychology-of-a-recruiter

https://www.hrdive.com/news/eye-tracking-study-shows-recruiters-look-at-resumes-for-7-seconds/541582/

Udemy Course “The Cover Letter Code : Your Secret Weapon to Get a New Job”

Leave a Comment

Your email address will not be published.