Kenali Rahasia Teknik Interview “BEI” & Strategi Menjawabnya!

January 26, 2022 0 Comments

DALAM SEKALI INTERVIEW HR BISA LANGSUNG MENILAI KANDIDAT? KENALI RAHASIA TEKNIK INTERVIEW “BEI” DAN STRATEGI MENJAWABNYA!

Gambar dari : Freepik.com

Tau nggak sih, kalau ternyata dalam sekali Interview kerja Recruiter atau HR dapat langsung menilai apakah kita kandidat yang cocok atau bukan. Hal tersebut dikarenakan HR menggunakan sebuah metode atau teknik dalam melakukan interview pada seorang kandidat. Teknik wawancara yang populer digunakan Perusahaan besar saat ini adalah Teknik BEI atau Behavioral Event Interview.

Behavioral Event Interview (BEI) mulai diperkenalkan oleh Bill Byham dan David McClelland pada tahun 1970an dimana perusahaan melakukan seleksi ratusan kandidat berdasarkan bagaimana penyelesaian masalah dan pengalaman kandidat. Behavioral Event Interview (BEI) adalah sebuah teknik wawancara untuk mendapatkan informasi karakter, perilaku dan cara pemecahan masalah kandidat dengan memberikan pertanyaan mengenai pengalaman masa lalunya.

Teknik BEI dimaksudkan untuk mencari tahu pengalaman kinerja kandidat yang pernah terjadi di masa lalu meliputi keberhasilan, kegagalan dan cara penyelesaian nya atas kejadian itu. Dengan teknik ini, HR mampu menyimpulkan kinerja kandidat di masa depan. Inti dari pertanyaan dalam interview dengan Teknik BEI adalah “Bisa dijelaskan / diceritakan apa pengalaman yang pernah kamu lakukan”.

Lalu, apa saja pertanyaan yang sering muncul saat HR menggunakan Teknik BEI ini? Inilah beberapa contoh pertanyaan yang sering ditanyakan saat menggunakan teknik BEI :

-TIME MANAGEMENT-

  1. Jelaskan momen saat anda mendapatkan tugas dengan deadline yang singkat. Seperti bagaimana anda menyelesaikan tugas tersebut dan hasilnya?
  2. Ceritakan pengalaman anda saat mengelola banyak tanggung jawab pekerjaan. Bagaimana cara Anda mengatasinya?

-PROBLEM SOLVING-

  1. Ceritakan pengalaman anda ketika harus menggunakan logika dan penilaian yang baik untuk memecahkan masalah?
  2. Pernahkah anda mendapatkan satu hambatan saat membuat sebuah proyek/tugas? Bagaimana cara anda menanganinya?

-LEADERSHIP-

  1. Ceritakan tentang pengalaman anda ketika berada di tim, dan salah satu anggota tidak melakukan tugas bagiannya?
  2. Jelaskan pengalaman anda dalam memimpin sebuah projek, bagaimana cara anda menghandle keseluruhan tim tersebut?

Setelah mengetahui gambaran pertanyaan interview Teknik BEI yang digunakan oleh HR, para kandidat bisa mempersiapkan jawaban interview nya terlebih dahulu. Dan, ini dia strategi yang dapat kamu lakukan saat menjawab pertanyaan Teknik BEI dengan METODE S.T.A.R. Berikut gambaran pertanyaan dan cara menjawabnya :Pertanyaan : “Jelaskan momen saat anda mendapatkan tugas dengan deadline yang singkat. Seperti bagaimana anda menyelesaikan tugas tersebut dan hasilnya?”

SSituation :Ceritakan gambaran situasi yang dialami sesuai konteks pertanyaan Jawab : “Saat itu, perusahaan sedang mengadakan campaign dengan tema “Cintai Bumi dan Lingkungan” . Direksi memberi waktu satu bulan agar projek ini segera diselesaikan.”
TTask :Memberi rincian tugas yang harus diselesaikanJawab : “Di projek tersebut, saya mengerjakan konsep promosi campaign untuk di social media selama satu bulan. Dengan target mampu mendapat 1000+ peserta”
AAction :Ceritakan bagaimana strategi kamu menyelesaikan tugas tersebut (dapat juga sampaikan hambatan jika ada)Jawab : “Saat itu, saya membuat konsep variasi konten untuk setiap hari berdasarkan riset trend dan insight dari audiens. Saya mengadakan meeting divisi untuk koordinasi alur konten dari brainstorming hingga publikasi. Saya berusaha mengerjakannya semaksimal mungkin.”
RResult :Ceritakan hasil dari action / tugas tadiJawab : “Campaign cukup sukses dengan mampu menggaet 1500+ peserta dari KPI yang ditetapkan.”
STAR METHOD

Itulah penjelasan rahasia teknik interview “BEI” dan strategi menjawab yang bisa kamu gunakan saat melakukan interview. Semoga membantu ya!

Leave a Comment

Your email address will not be published.