Lakukan Ini Untuk Hindari Ghostingan HR

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Di ghosting HR?

November 18, 2022 0 Comments

Apa yang Harus Dilakukan Ketika Di ghosting HR?

Istilah Ghosting pasti tidak asing didengar oleh pengguna media sosia. Istilah ini kerap dikaitkan dengan hubungan seseorang dengan orang lain. 

Pada perkembangannya, fenomena ghosting terjadi pada kandidat pekerja atau magang saat melamar pekerjaan. Artikel ini akan mengulas tentang fenomena ghosting yang dilakukan HR dan apa yang harus dilakukan para kandidat ketika dighosting oleh HR.

Berdasarkan definisi Urban Dictionary, Ghosting adalah pemutusan komunikasi dengan orang lain tanpa adanya pemberitahuan atau peringatan. Dalam konteks ini, ghosting adalah situasi di mana HR tidak memberikan kabar kepada kandidat setelah melakukan interview sehingga timbul ketidakpastian apakah kandidat diterima atau tidak terhadap lamaran pekerjaan yang diajukan.

Ketika dighosting HR, timbul rasa kegelisahan atau ketidakpastian dari para kandidat. Terkadang, Hunters juga harus menunggu hingga berminggu-minggu. 

Lantas, apa yang bisa kita lakukan ketika menunggu kabar dari HR?

Hal yang perlu Hunters lakukan adalah follow up HR. Follow HR merupakan tindakan yang dilakukan kandidat untuk menanyakan kembali proses kelanjutan rekrutmen kepada HR di perusahaan yang dilamar. Follow up HR dapat dilakukan melalui email atau WhatsApp. Ketika follow up HR, tidak lupa untuk menyimpan kontak HR yang bisa Hunters dapatkan pada bagian footer email.

Lalu, bagaimana cara mengirimkan follow up yang baik kepada HR?

Subject email Terima kasih atas kesempatan interview yang telah diberikan pada [posisi] di [perusahaan]
1Perkenalan diriYth. Bapah/Ibu HR
Saya [xxx] merupakan kandidat [posisi yang dilamar] di perusahaan [nama perusahaan] yang telah menjalani interview pada [tanggal, bulan, dan tahun interview].
2.Review diskusi interview yang telah dilakukanBerdasarkan interview yang dilakukan pada [tanggal, bulan, dan tahun], posisi [posisi yang dilamar] merupakan posisi strategis untuk meningkatkan engagement consumer dan meningkatkan image brand perusahaan. Saya sangat tertarik untuk memberikan kontribusi dan inovasi strategis pada dua hal tersebut. Jika diberikan kesempatan masuk dalam tim [posisi yang dilamar]
3.Menanyakan kelanjutan proses rekrutmenBerkaitan dengan hal tersebut, saya ingin menanyakan kembali terkait proses rekrutmen saya. Bagaimana kelanjutan proses rekrutmen tersebut? 

4.PenutupJika Bapak/Ibu memerlukan informasi atau dokumentasi tambahan terkait posisi tersebut. Saya berkenan untuk memberikan dokumen tambahan tersebut secepatnya. Saya berharap mendapatkan kabar lanjutan terkait proses rekrutmen ini.
Terima kasih.
5.Kontak kandidat yang bisa dihubungiNama Hunters
No. Hp 
Email 

Berikut adalah tahapan dan contoh cara mengirimkan follow up kepada HR. Hunters bisa langsung mempraktekan ketika menunggu kabar dari HR. Semangat Hunters!

Leave a Comment

Your email address will not be published.