Mengulik Lebih Dalam Apa Itu Probation Dan Tips Melaluinya

Mengulik Lebih Dalam Apa Itu Probation Dan Tips Melaluinya

December 23, 2022 0 Comments

Mengulik Lebih Dalam Apa Itu Probation Dan Tips Melaluinya

Setelah mendapatkan pengumuman lolos tahap wawancara, beberapa perusahaan biasanya menerapkan Probation Period sebelum Hunters ditentukan sebagai karyawan tetap. Namun, sebenarnya Probation Period itu apa sih? 

Yuk, simak penjelasan MagangUpdate mengenai Probation Period.

Probation Period adalah masa percobaan ketika Hunters menjadi karyawan baru di suatu instansi. Hal ini bertujuan untuk melihat apakah kamu sesuai dengan tanggung jawab pekerjaan yang Hunters dapatkan atau tidak dan apakah Hunters sesuai dengan budaya perusahaan. Bisa diartikan bahwa pada probation period Hunters sedang dipantau loh! oleh recruiter maupun manajer perusahaan mengenai keterampilan Hunters saat bekerja.

Meskipun ketika masa probation, Hunters belum ditetapkan sebagai karyawan tetap. Hunters berhak mendapatkan gaji yang tidak boleh lebih kecil dari ketetapan upah minimum yang berlaku. Hal tersebut telah diatur pada UU Pasal 60 ayat (2) mengenai Ketenagakerjaan.

Mungkin Hunters bertanya-tanya, mengapa sih probation period itu penting untuk dilalui?

Dengan mengikuti masa probation, kamu bisa belajar dan mengembangkan keterampilan di dunia kerja. Selain itu, masa probation adalah waktu yang tepat untuk menunjukkan kemampuan Hunters dalam menangani beban pekerjaan. 

Setelah mengetahui apa itu probation period. MagangUpdate mau membagikan tips supaya kamu lulus masa probation

  1. Buat target harian 

Ketika Hunters mendapatkan beberapa pekerjaan atau suatu proyek. Supaya Hunters bisa menyelesaikannya dengan baik. Kamu perlu membuat target yang harus kamu capai. Selain itu membuat target harian membuat Hunters bisa memantau sejauh mana progress yang kamu jalani, jika progress kamu belum memenuhi target, kamu perlu menyesuaikan cara kerja agar mampu menyelesaikan pekerjaan dengan baik dan dapat dilihat sebagai karyawan yang kompeten.

  1. Jalin networking dengan rekan kerja

Luangkan waktu untuk mengasah keterampilan komunikasimu dengan rekan kerja. Dengan itu, kamu bisa membagikan kendala selama kamu bekerja dan bertanya mengenai ilmu yang biasa digunakan oleh karyawan pada instansi tersebut dalam mengerjakan proyek.

Semakin kamu akrab dengan beberapa karyawan, bisa menjadi salah satu cara mereka akan menggapmu sebagai karyawan tetap

  1. Terbuka dengan kritik dan saran

Meminta kritik dan saran dari atasan maupun rekan kerja selama probation period membantu Hunters mengetahui hal apa saja yang bisa kamu tingkatkan atau kesalahan apa saja yang bisa kamu perbaiki pada pekerjaan selanjutnya. Selain itu, hal tersebut membantu Hunters mengetahui apakah hasil pekerjaan kamu bisa sesuai dengan ekspektasi perusahaan.

  1. Disiplin

Hadir tepat waktu di tempat kerja yang telah ditentukan oleh perusahaan adalah salah satu kewajiban yang harus Hunters penuhi karena setiap perusahaan memiliki target atau capaian tertentu yang mana berkaitan dengan produktivitas perusahaan. Namun, disiplin tidak selalu mengenai waktu hadir di tempat kerja tetapi juga disiplin dengan target tugas atau batasan waktu itu menyelesaikan tugas yang telah ditentukan oleh perusahaan.

Itulah hal-hal mengenai masa probation dan beberapa tips yang bisa kamu ikuti saat masa probation.

Leave a Comment

Your email address will not be published.