Rekomendasi Pekerjaan di Dunia Metaverse

March 30, 2022 0 Comments

Tahukah Hunters? 

Dikutip dari liputan6.com, CEO Grant Thornton Indonesia, Johanna Gani, mengatakan bahwa industri Metaverse memiliki peluang besar di Indonesia karena dapat diterapkan di berbagai bidang, seperti pariwisata, sosial, pendidikan, perdagangan, dan banyak bidang lainnya.

Lalu, sebenarnya apa itu Metaverse?

Metaverse, dunia digital masa depan ini memungkinan seseorang untuk berinteraksi satu sama lain dengan individu lainnya secara virtual dengan bantuan teknologi Augmented Reality (AR).

Menariknya, Metaverse ini dapat digunakan seseorang untuk berinteraksi, misalnya bekerja, rapat, bertemu, bermain, menghadiri konser, belanja online, membeli properti digital, dan mengadakan berbagai acara lain layaknya di dunia nyata. 

Rekomendasi Pekerjaan yang Cocok Untuk Dunia Metaverse

  1. Metaverse Planner

Profesi metaverse planner bertugas untuk  membuat strategi dan fungsi, serta penggunaannya yang akan diterapkan ke metaverse. 

Rekomendasi jurusan: Software Engineering, Digital Business, Digital Marketing, dan e-business, digital entrepreneurship.

Soft skills: Manajemen dan berpikir kritis dengan pola pikir kewirausahaan.

  1. Construction Engineers

Profesi ini bertugas untuk menyusun pola desain, bentuk, hingga proses konstruksi dan penyelesaiannya. Mereka yang berprofesi ini akan merancang dan membangun lingkungan yang ada di dunia metaverse sehingga dunia tersebut mirip dengan lingkungan aslinya atau dunia nyata.

Rekomendasi jurusan: Graphic design, visual communication design, dan 3D Design/animation.

Soft skills: Kreatif, komunikasi, dan problem solving.

Baca juga: Tips Cara Cepat Dapat Dream Job : Untuk Fresh Graduate, Sini Merapat!

  1. Fashion Designers Virtual Reality

Virtual reality menggunakan teknologi komputer untuk menciptakan lingkungan yang disimulasikan dan mirip seperti lingkungan aslinya. 

Mirip seperti profesi fashion designer lainnya, profesi fashion designer virtual reality juga akan bertugas mendesain. Namun, Hunters akan mendesain dan mengembangkan pakaian dan aksesoris untuk avatar pengguna metaverse.  

Rekomendasi jurusan: Virtual reality dan fashion design.

Soft skills: Problem solving, komunikasi, analisis, kreatif, dan berorientasi pada detail.

  1. Metaverse Cyber Security

Dunia metaverse di masa depan akan rawan serangan cyber dan penipuan sehingga profesi ini akan sangat dibutuhkan. Cyber security bertujuan untuk mengatur strategi dan melindungi informasi dari serangan siber (cyber attack). Melalui profesi ini, Hunters juga bisa menetapkan protokol dan undang-undang aman pada era metaverse.

Rekomendasi jurusan: Cyber security, information technology law

Soft skills: Analisis, komunikasi, riset, dan problem solving.

  1. Metaverse Storyteller

Seseorang yang berprofesi sebagai metaverse storyteller akan merancang pencarian bagi pengguna secara mendalam, merancang peluang pemasaran yang berbentuk narasi untuk perusahaan dan rencana skenario pelatihan bagi pengguna, dan lainnya.

Rekomendasi jurusan: literature dan English language

Soft skills: Komunikasi, riset, bekerja dalam tim, problem solving, dan analytical thinking.

Itu tadi 5 profesi yang kemungkinan besar akan banyak dibutuhkan di era metaverse. Munculnya metaverse akan membuka peluang profesi dan posisi baru di masa depan, lo!

Hunters tertarik mencoba?

Yuk, simak #PengetahuanMU menarik lainnya hanya di MagangUpdate!

Leave a Comment

Your email address will not be published.