Stop! Jangan Tulis ini Lagi di CV Kamu! 5 Hal yang Nggak Perlu Dicantumkan di CV

October 17, 2021 0 Comments

Halo Hunters!

Curriculum Vitae merupakan dokumen yang memuat informasi tentang kualifikasi seseorang. Biasanya digunakan untuk kepentingan melamar kerja atau magang.

Jangan berpikir bahwa membuat CV yang penuh dan panjang adalah hal yang baik!

Kira-kira kenapa nggak boleh ya?
Nih simak #infoMUdah kali ini untuk menambah #PengetahuanMU tentang “5 Hal yang Nggak Perlu Dicantumkan di CV” bersama MagangUpdate!

Kenapa nggak boleh menulis CV yang penuh dan panjang?

Karena CV nggak butuh basa-basi.

CV yang baik adalah CV yang ringkas namun berisi. CV tersebut berbeda dengan CV yang penuh, karena penuh belum tentu berisi.

Lantas hal apa saja yang nggak perlu dimasukkan ke CV?

1. Biodata Lengkap

Dalam menulis CV, kamu tidak perlu menuliskan biodata yang super lengkap. Jika CV kamu masih memuat status pernikahan, kewarganegaraan, agama, dan jenis kelamin mending segera kamu hapus deh. Kamu cukup menuliskan nama, pekerjaan, dan kontak (nomor telepon & email). Jika dalam kualifikasi disebutkan umur, kamu bisa menambahkan TTL di bagian ini.

Kalau alamat bagaimana?

2. Alamat Lengkap

Alamat nggak perlu kamu tulis.

Eh maksudnya alamat lengkap kamu, misalnya alamat yang memuat informasi jalan hingga nomor rumah. Kamu cukup menuliskan kota dan provinsi tempat tinggalmu. Contoh : Surabaya, Jawa Timur.

3. Pendidikan

Pendidikan juga nggak perlu. 

Iya, kamu nggak perlu mencantumkan pendidikan dari TK, SD maupun SMP. Kamu cukup menuliskan dua pendidikan formal terakhir. Tuliskan bagian pendidikan ini dengan kronologi terbalik.

4. Informasi yang Tidak Relevan

CV yang penuh bukan berarti CV yang berkualitas. Kamu nggak perlu menuliskan informasi-informasi yang tidak relevan dengan posisi yang kamu lamar. Misalnya kamu mendaftar posisi Graphic Designer, kamu nggak perlu melampirkan kursus menjahit atau pernah menjadi peserta lomba band virtual pada tahun 2021. Kecuali jika perusahaan yang kamu lamar bergerak di bidang tersebut.

5. CV Memukau tapi Bohong

Jangan pernah sama sekali!

Karena ingin membuat CV yang memukau agar diterima saat melamar magang/pekerjaan, kamu menuliskan informasi-informasi yang tidak valid atau bohong. Buatlah CV yang dapat kamu pertanggungjawabkan!

Sudah siap membuat CV yang berisi?

Share ke teman kamu! Sharing is caring.

Leave a Comment

Your email address will not be published.