Tampil Profesional Saat Interview Dengan Metode STAR

Tampil Profesional Saat Interview Dengan Metode STAR

November 11, 2022 0 Comments

Tampil Profesional Saat Interview Dengan Metode STAR

Saat interview pasti ditemukan  pertanyaan mengenai pengalaman yang pernah Hunters hadapi sebelumnya. Hal ini juga adalah salah satu cara interviewer mengetahui bagaimana cara kamu menyelesaikan suatu masalah. Metode STAR bisa menjadi salah satu langkah yang bisa Hunters ikuti untuk menjawab pertanyaan tersebut loh!

Supaya Hunters bisa menjawab secara profesional saat interview. Yuk sini MagangUpdate kasih tau apa itu metode STAR!

STAR sendiri merupakan singkatan dari empat poin pada metode ini. Setiap poin adalah panduanmu untuk menjawab pertanyaan mengenai pengalaman yang pernah Hunters hadapi sebelumnya. Empat poin tersebut yaitu:

1. Situation

Poin pertama dalam metode STAR adalah Situation. Artinya Hunters perlu menemukan contoh pengalaman atau masalah yang pernah kamu alami sebelumnya. Contoh pengalaman yang kamu jelaskan harus sesuai dengan pertanyaan yang diajukan oleh interviewer.

2. Task

Setelah Hunters menceritakan pengalaman yang pernah dihadapi secara singkat. Pada poin ini kamu bisa menjelaskan tugas dan tanggung jawab yang kamu lakukan ketika menghadapi situasi tersebut. 

3. Action

Jelaskan apa yang kamu lakukan saat menghadapi situasi tersebut. Penjelaskan mengenai action ini pun harus dibersamai dengan alasan mengapa kamu mengambil langkah tersebut. Pada poin ini lah kesempatan kamu untuk menjelaskan kepada interviewer cara kamu dalam menyelesaikan suatu masalah.

4. Result

Terakhir kamu perlu menjelaskan mengenai hasil yang kamu dapat setelah melakukan tindakan yang kamu lakukan. 

Setelah Hunters mengetahui poin-poin yang ada pada metode STAR berikut contoh pertanyaan interview dan dijawab dengan metode STAR

BAHASA INDONESIA

Pertanyaan: “Bagaimana kamu mengelola kesibukan kamu?”

Jawaban: “Selama saya menjadi mahasiswa ada beberapa kesibukan yang harus dikelola. Antara kesibukan akademik maupun non akademik. (Situation)

Meskipun akademik adalah prioritas utama saya sebagai mahasiswa, namun jika ada kesibukan non-akademik yang mendesak dan tidak begitu mengganggu kegiatan akademik akan saya dahulukan. (Task)

Untuk mengelola hal tersebut saya menggunakan skala prioritas, saya membaginya menjadi 4 bagian yaitu penting mendesak, penting kurang mendesak, kurang penting mendesak dan kurang penting kurang mendesak. (Action)

Sebagai contoh ketika saya memiliki beberapa tugas akademik yang harus diselesaikan disaat yang bersamaan dengan kegiatan non akademik, saya akan menyelesaikan tugas akademik terlebih dahulu. Setelah menyelesaikan tugas akademik, saya melanjutkan dengan tugas non AKademik. Sehingga saya bisa melakukan semua kewajiban dan tanggung jawab. (Result)”

BAHASA INGGRIS

Question: “Describe a time when you had a tight schedule. How did you get things done?”

Answer: “During my time as a student there were several activities that had to be managed. Between academic and non-academic activities. (situation)

Even though academics are my main priority as a student, if there are urgent non-academic activities that don’t interfere with academic activities, I will prioritize them. (Task)

To manage this I use a priority scale, I divide it into 4 parts, namely Important and Urgent, Important but not urgent, Urgent but not important, not urgent or important. (Action)

For example, when I have several academic tasks that must be completed at the same time as non-academic activities, I will finish the academic tasks first. After completing academic assignments, I continue with non-Academic assignments. So that I can perform all responsibilities. (Results)”

Nah, itu lah penjelasan mengenai metode STAR! Tunggu apa lagi, yuk persiapkan diri kamu kamu agar proses interview berjalan dengan lancar.

Leave a Comment

Your email address will not be published.